5 Tipe Jam Tangan Pria dengan Gaya Personal

jam tangan pria

Membaca “jargon” berbagai merek jam tangan memang membingungkan, terutama ketika semua yang kita inginkan sesuai dengan personal style kita. Tidak seharusnya kamu menguras rekening tabungan dan membeli semua jam yang kamu inginkan.

Dengan mengetahui berbagai jenis jam tangan pria, kamu bisa dengan spontan menentukan jam yang kamu inginkan. Secara tidak langsung, kamu juga sudah menentukan gaya personal kamu sesuai dengan pilihan tipe jam tangan pria. Berikut 5 tipe jam tangan pria yang perlu kamu ketahui.

Tipe-tipe jam tangan pria

Jangan sampai para produsen jam tangan memperdaya kamu agar membelanjakan lebih dari 1 jenis arloji. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan panduan luas untuk jenis jam tangan populer dan fungsional!

1. Aviation watches

Aviation watches atau jam tangan pilot pertama kali adalah Santos yang diciptakan pada tahun 1904 oleh Louis Cartier untuk dikenakan oleh teman penerbangnya Albert Santos-Dumont. Anehnya, jam tangan tersebut hampir tidak dikenali sebagai Aviation Watches hingga hari ini. Tidak memiliki kronograf, bentuk bujur sangkar, hingga angka romawi pada Santos de Cartier memang jauh dari imaji jam tangan pilot.

Dunia militer lah yang memiliki pengaruh terbesar pada desain jam tangan pilot seperti yang kita kenal sekarang. Jam tangan sebesar 55 mm, pencatat waktu akurat, crown besar, dan fluted bezel dapat membantu dalam perhitungan lebih lanjut saat melakukan penerbangan. Tak hanya pilot, sekarang jam tangan ini dipakai oleh banyak pria yang sering memakai jas. Bukan tidak mungkin lagi dipakai untuk baju casual di zaman sekarang.

2. Diving watches

Membuat debutnya pada tahun 1926 dalam bentuk Rolex Oyster, fungsi utama jam tangan selam adalah kemampuannya untuk menemani kamu masuk ke dalam air. Menurut International Organisation for Standardisation (ISO), untuk mengklasifikasikan diving watches sebagai penyelam yang tepat, jam tangan ini perlu memiliki bezel searah, tanda menit yang dapat dibedakan dengan jelas, visibilitas pada 25 cm dalam kegelapan total dan luminous second hand sebagai jaminan jam tangan masih berjalan.

Diving watches juga perlu tahan akan goncangan, resistensi magnetis, dan tali yang tidak mudah terlepas dari tangan. Desain klasik diving watches ini dapat dipakai dalam berbagai gaya dan terima kasih kepada James Bond, yang membuat jam tangan ini semakin bermakna!

3. Chronograph watches

Kronograf dapat disimpulkan secara ringkas sebagai salah satu komplikasi paling rumit yang tidak pernah digunakan oleh siapa pun. Namun, keberadaannya memang menghasilkan beberapa jam tangan pria menjadi sangat bagus.

Pada dasarnya, kronograf berfungsi untuk mengukur waktu. Sebenarnya chronograph berasal dari kata chronos yang artinya waktu dan graph yang artinya alat. Jadi jam chronograph adalah jam tangan yang dilengkapi fitur pengukur waktu atau yang kita kenal dengan stopwatch. Desainnya yang mewah membuat jam tangan ini pantas kamu kenakan dengan kemeja polos, ankle pants, dan loafers klasik!

4. Dress watches

Sederhana, elegan, dan klasik – dress watch harus meliputi ketiga aspek tersebut. Seperti namanya, jam tangan ini adalah pendamping setelan jas kamu pada saat dinner, rapat penting, atau acara yang formal. Jam tangan ramping yang satu ini dapat menyelinap diam-diam di bawah kemeja kamu untuk tidak diperhatikan orang banyak. Bukan saatnya untuk memamerkan chronograph atau bezel yang besar! Kamu hanya perlu satu dress watch yang bisa bertahan seumur hidup.

5. Smartwatches

Pertanyaan besar: apakah ini smartwatches adalah jam tangan sungguhan atau komputer yang bisa dikenakan dan kebetulan terlihat seperti jam tangan? Tidak ada jawaban yang pasti. Smartwatches selalu memiliki “dial” layar sentuh yang bisa dihubungkan ke ponsel kamu. Mulai dari fitur yang bisa melacak kesehatan, memiliki aplikasi yang dapat memandu kamu berkeliling kota, memantau ayunan golf, atau menerjemahkan apa yang dikatakan seseorang yang menarik yang baru saja kamu temui di sebuah bar.

Secara umum smartwatches dilengkapi dengan sistem operasi Apple, Google, dan Samsung yang juga memiliki sistem sendiri untuk jajaran jam tangan Galaxy. Jika kamu pria modern yang suka dengan hal praktis, penuh dengan kegiatan padat, dan tidak suka jam manual klasik, rasanya smartwatches adalah jam yang kamu butuhkan. Tetapi ingat, smartwatches tidak cukup pintar untuk disandingkan bersama setelan jas ya!

Sudah menentukan jenis jam tangan pria yang kamu inginkan? Berikan komentar di bawah ini ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*