Manfaat Aplikasi Accounting dalam Laporan Keuangan yang Wajib Diketahui

Manfaat Aplikasi Accounting dalam Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan salah satu bentuk kegiatan akuntansi yang dilakukan dalam bisnis. Adanya laporan keuangan ini akan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan sebagai langkah selanjutnya. Dimana pada era digital seperti sekarang, aplikasi accounting akan sangat berguna untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat.

Fungsi Software Akuntansi untuk Laporan Keuangan

1. Fungsi Stock Opname

Stock opname merupakan istilah yang merujuk pada kegiatan menghitung kembali stok barang yang masih ada. Penghitungan ini dilakukan guna meminimalisir perbedaan antara catatan pembukuan dengan catatan fisik. Bahkan stock opname ini bisa membantu perusahaan melakukan pengendalian intern atau SPI dengan efektif dan efisien.

Dimana beberapa fungsi pengendalian intern tersebut berguna untuk membandingkan persediaan barang yang ada dari tahun ke tahun, serta mendapatkan HPP (harga pokok penjualan) pada laporan keuangan. Laporan keuangan yang dihasilkan sistem software akuntansi umumnya memiliki hasil yang akurat, sehingga cocok dengan data fisik atau fakta yang ada.

2. Fungsi Inventory

Aplikasi accounting biasanya juga menyediakan menu gudang beserta informasi terkait inventory yang bisa diisi. Sehingga perusahaan bisa memonitor inventory yang dimiliki dan merencanakan stok produknya dengan tepat. Inventory sendiri merupakan aset yang dimiliki oleh perusahaan, baik dalam bentuk barang jadi maupun barang yang masih diproses.

3. Fungsi Penjualan

Pada fungsi satu ini, accounting software Indonesia mampu menyajikan informasi pajak dan produk secara detail. Bahkan diskon serta void atau pembatalan yang dilakukan terhadap suatu barang. Yang mana bentuk tampilan umumnya yaitu point of sale, seperti yang ada pada komputer kasir. Tentu fungsi penjualan ini menjadi sangat penting pada proses keuangan perusahaan.

4. Neraca Keuangan

Neraca merupakan bagian dari laporan keuangan, yang mencatat informasi terkait dengan aset, modal pada waktu tertentu, serta kewajiban pembayaran dalam operasional perusahaan. Dan pada hakikatnya, accounting software bahkan ada dan dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang disebut dengan neraca ini.

Tujuan utama dari neraca keuangan tersebut yaitu menyediakan informasi yang mendalam, mengenai laporan keuangan suatu perusahaan. Dimana di dalamnya menunjukkan debit dan kredit pada pembukuan akuntansi. Dalam hal ini, software akuntansi bisa membantu anda untuk membuat neraca keuangan yang akurat secara otomatis setelah memasukkan data.

5. Fungsi Pembelian

Untuk menunjang operasional bisnis, perusahaan harus melakukan purchasing atau pembelian terhadap bahan baku. Dimana pada prosesnya, diperlukan form pembelian sebagai bukti otentik untuk arsip perusahaan. Di sini, aplikasi accounting juga menyediakan fungsi purchasing tersebut yang dapat memudahkan anda membuat laporan pembelian.

Melihat dari berbagai manfaat yang ditawarkan oleh accounting software pada proses pembuatan laporan keuangan, sudah jelas bahwa bisnis anda membutuhkan keberadaan aplikasi tersebut. Berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi akuntani ini bisa anda lihat dengan mengunjungi situs Soltius Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*