Banyak yang Tidak Tahu! Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Anak

Banyak yang Tidak Tahu! Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Anak

Bawang putih dikenal sebagai bumbu wajib hampir ada di setiap hidangan. Bawang yang mempunyai wangi khas ini memang bisa menjadikan makanan jadi lebih lezat dan beraroma. Selain fungsinya sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga mempunyai banyak manfaat lainnya untuk anak yang masih balita. Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Berikut ini kami sudah rangkum manfaat bawang putih untuk kesehatan anak.

Mencegah Infeksi dan Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain bisa melezatkan makanan untuk si kecil, bawang putih juga mempunyai kandungan antimikroba yang sangat ampuh melawan infeksi oleh bakteri. Selain itu, di bawang putih juga ada kandungan phytochemical yang dapat membunuh bakteri di usus besar dan kecil. Namun hebatnya, bawang putih tidak akan membunuh mikroba probiotik yang baik untuk pencernaan, sehingga pencernaan si kecil akan tetap terjaga kesehatannya.

Meredakan saat Flu dan Melindungi dari Bakteri

Anak-anak sangat mudah terserang flu, apalagi saat daya tubuhnya sedang menurun dan cuaca pancaroba. Jika sudah terkena flu si kecil pun biasanya akan lebih rewel dan tidak ingin makan. Salah satu menu yang sangat cocok dan dapat meredakan flu anak adalah sup bawang putih. Bukan berarti sup hanya berisi bawang putih ya, bu.

Tetapi sup yang berkuah kaldu alami ini bawang putihnya bisa ibu tambahkan sedikit lebih banyak dari biasanya. Bisa juga setelah matang dan akan disajikan, ibu bisa menaburi dengan bawang putih goreng. Ternyata minyak pada bawang putih memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang bisa meredakan flu si kecil.

Membunuh Cacing di Dalam Usus Anak

Bawang putih dapat menjadi pilihan untuk menggantikan obat cacing pada anak. Karena manfaat bawang putih secara aktif akan membersihkan mikroba dan bakteri yang ada di usus besar dan usus kecil. Sedangkan cacing yang biasa ada di tubuh anak biasanya akan berdiam di usus besar dan akan memakan semua nutrisi di sana.

Dan ternyata bawang putih ini juga memiliki manfaat yang sama seperti obat cacing yang biasa rutin diminum oleh anak-anak. Dengan memakan bawang putih, cacing yang ada di dalam perut si kecil akan mati dan anak terbebas dari cacingan.

Bumbu Alami yang Aman untuk MPASI

Anak yang sudah usia 6 bulan dan sudah mulai MPASI pastinya tidak langsung dikenalkan dengan gula garam apalagi penyedap makanan instan. Namun, untuk menambah kelezatan MPASI si kecil, ibu bisa memberikan bumbu alami dalam jumlah yang sedikit pastinya. Salah satu pelezat alami adalah bawang putih. Namun, apakah bawang putih aman untuk anak bayi dan balita?

Selama tidak terjadi alergi, bawang putih boleh digunakan. Ibu bisa memberikan sedikit bawang putih pada kaldu yang ibu buat, atau bumbu untuk melumuri ikan yang akan diolah sebagai MPASI. Bawang putih sangat baik karena memiliki kandungan vitamin B6, selenium, manganese, potasium, dan zat besi.

Antimikroba yang Menyembuhkan Luka

Kandungan antimikroba yang terdapat pada bawang putih juga bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Tetapi bukan dengan menempelkan bawang putih ke luka pada si kecil, melainkan ibu bisa mencampurkannya ke dalam makanan sehingga bawang putih bisa bekerja maksimal untuk tubuh si kecil.

Kandungan bawang putih yang sangat baik ini bisa terasa jika ibu bisa memberikan secara rutin kepada sang buah hati. Jika si kecil usia balita, ibu bisa mencampurkan bawang putih ke dalam makanannya atau jus buahnya. Sehingga si kecil tak perlu dipaksa untuk memakan langsung bawang putih.

Nah, itulah manfaat bawah putih untuk kesehatan anak yang masih banyak yang belum tahu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*