Tips Menghemat Baterai HP

Tips Menghemat Baterai HP

Menghemat baterai smartphone memang susah-susah gampang. saya pun yakin Anda sudah mencoba berbagai cara, termasuk tips menghemat baterai hp. Saat baterai Hp tinggal sedikit itu akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan bagi setiap orang, apalagi jika sedang mati listrik.

Nah, supaya baterai HP kamu tetap awet, terutama saat keadaan mati lampu, ada baiknya mengikuti anjuran di bawah ini!

1. Redupkan layar HP

Ini merupakan anjuran paling umum, yakni meredupkan layar HP. Tingkat kecerahan layar memang merupakan salah satu faktor besar yang berkontribusi terhadap penggunaan daya di baterai.

Makin cerah layar HP, daya baterai yang digunakan tentunya akan makin banyak. Saat kamu menggunakan tingkat kecerahan paling tinggi, tentunya baterai bakal makin cepat habis. Oleh karena itu, saran terbaik bagi kamu yang ingin hemat baterai saat mati listrik, redupkan layar. Jika perlu, meredupkan layar hingga maksimal.

2. Matikan koneksi yang tidak perlu di HP

HP atau smartphone yang ada saat ini biasanya sudah mendukung minimal tiga jenis koneksi. Ketiganya adalah GSM (cellular), WiFi, dan Bluetooth.

Untuk menghemat baterai di saat mati listrik, mematikan jaringan tersebut bisa sangat membantu.  Kamu bisa mematikan salah satu, bahkan ketiganya untuk makin menghemat daya listrik. Bingung mau mematikan yang mana? Berikut kami berikan alasannya.

Bluetooth biasanya digunakan untuk mendengarkan musik melalui speaker nirkabel. Contoh penggunaan lainnya untuk menghubungkan HP dengan wearable. Nah, apabila kamu sedang bosan, mendengarkan musik melalui speaker Bluetooth tentu akan mengasyikan. Hanya saja, dalam keadaan banjir dan mati lampu, sebaiknya kamu menahan diri. Menyisakan baterai HP dalam keadaan darurat tentu lebih bijak. Oleh karena itu, Bluetooth wajib dimatikan.

Untuk koneksi WiFi, sebaiknya dimatikan. Dalam keadaan mati listrik, WiFi kamu juga dipastikan akan mati. Jadi, buat apa menyalakan WiFi di smartphone, bukan?

Bagaimana dengan koneksi seluler? Seringkali, jaringan seluler juga ikut mati kalau mati listrik. Oleh karena itu, ada baiknya kamu juga ikut mematikan jaringan seluler ini. Apabila benar-benar butuh untuk menelepon di saat darurat, baru nyalakan jaringan tersebut. Siapa tahu jaringan seluler dari operator sudah menyala kembali.

3. Matikan notifikasi

Notifikasi dari berbagai aplikasi yang ada juga menyumbang konsumsi daya yang cukup besar. Pasalnya, aplikasi akan secara real-time memantau informasi baru. Kamu bisa mematikan notifikasi melalui pengaturan Setting, baik itu di Android maupun iOS.

4. Matikan semua aplikasi di HP

Aplikasi yang berjalan di background pastinya bakal menguras baterai perangkat kamu. Salah satu cara agar bisa bertahan dikala mati listrik adalah mematikan aplikasi yang berjalan di background. 

Caranya mudah. Kamu restart saja HP kamu, kemudian jangan buka aplikasi apapun. Nantinya, aplikasi yang berjalan hanya yang penting-penting saja.

5. Colok ke sumber listrik selagi bisa

Listrik di rumah kamu belum mati? Nah, colok saja terus HP kamu ke sumber listrik. Biarkan saja terus supaya perangkat kamu tetap ada daya, meski mati listrik.

Bayangkan saja, apabila kamu tidak charge saat listrik tetap menyala. Tentu akan sangat tidak menyenangkan apabila baterai HP kamu tinggal 10%, padahal listrik baru saja dipadamkan.

6. Kurangi penggunaan HP

Nah, saat mati listrik, apabila tidak terlalu perlu, sebaiknya minimalkan penggunaan HP. Memang bakal mati gaya, tetapi ingat saran kami di awal. Lebih baik HP tetap ada baterai di kala darurat, dibandingkan tidak ada sama sekali. Kegiatan hiburan tentunya bisa kamu nikmati lagi kala listrik sudah menyala.

7. Siapkan power bank

Nah, apabila kamu tidak punya, sekarang saat yang tepat untuk membeli power bank. Jangan lupa charge penuh juga power bank, jadi bisa kamu gunakan di saat darurat, seperti dalam keadaan banjir tadi. Nah, kamu punya saran lain untuk tips menghemat baterai hp? Bagikan saja melalui kolom komentar ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*